Senin, 10 April 2017

TUGAS SATELIT LANDSAT SENSOR TIRS

KAJIAN SISTEM PENGINDERAAN
JAUH SATELIT LDCM (LANDSAT-8)

Sensor TIRS

Sistem Satelit LDCM (Landsat-8)
Pada bulan April 2008, NASA
memilih General Dynamics Advanced Information Systems, Inc. untuk membangun satelit LDCM (Landsat data Continuity Mission). Setelah meluncur di orbitnya, satelit tersebut akan dinamakan sebagai Landsat-8. Satelit LDCM (Landsat-8) adalah misi kerjasama antara NASA dan USGS (U.S.Geological Survey) dengan pembagian tanggung jawab masing-masing. NASA bertanggung jawab akan penyediaan satelit LDCM(Landsat-8), instrumen, pesawat peluncur, dan elemen- elemen operasi misi Sistem Stasiun Bumi. NASA juga akan mengelola fase awal peluncuran sampai dengan kondisi satelit beropersi di orbitnya pada ruas antariksa (dari peluncuran sampai penerimaan). USGS bertanggung jawab akan penyediaan pusat operasi-operasi misi dan sistem￾sistem pengolahan pada Stasiun Bumi (termasuk pengaripan dan jaringan￾jaringan data), demikian juga tim operasi-operasi penerbangan. Aspek-aspek kunci dari daya guna satelit LDCM (Landsat-8) yang berhubungan dengan kalibrasi pencitra dan validasi adalah pengarahan titik (pointing),stabilitas dan kemampuan melakukan manuver. Pengarahan titik dan stabilitas satelit mempengaruhi daya guna geometrik. Kemampuan melakukan manuver memungkinkan akuisisi data untuk kalibrasi dengan menggunakan matahari, bulan dan bintang-bintang.

Landsat 8 memiliki kemampuan untuk merekam citra dengan resolusi spasial yang bervariasi. Variasi resolusi spasial mulai dari 15 meter sampai 100 meter serta dilengkapi oleh 11 saluran (band) dengan resolusi spektral yang bervariasi. Landsat 8 mampu mengumpulkan 400 scenes citra atau 150 kali lebih banyak dari Landsat 7 dalam satu hari perekamannya. Satelit Landsat 8 yang direncanakan mempunyai durasi misi selama 5 – 10 tahun, dilengkapi dua sensor yang merupakan hasil pengembangan dari sensor yang terdapat pada satelit-satelit pada Program Landsat sebelumnya. Kedua sensor tersebut yaitu Sensor Operational Land Manager (OLI) yang terdiri dari 9 band serta Sensor Thermal InfraRed Sensors (TIRS) yang terdiri dari 2 band. Thermal Infrared Sensor (TIRS) merupakan sensor kedua yang tersemat dalam Landsat 8. TIRS berfungsi untuk mengindera suhu dan aplikasi lainnya, seperti pemodelan evapotranspirasi untuk memantau penggunaan air pada lahan teririgasi. TIRS merekam citra pada dua saluran inframerah termal dan didesain untuk beroperasi selama 3 tahun. Resolusi spasial yang dimiliki TIRS adalah 100 meter dan teregistrasi dengan sensor OLI sehingga menghasilkan citra yang terkalibrasi secara radiometrik dan geometrik serta terkoreksi medan dengan Level koreksi 1T dan disimpan dalam sistem 16-bit.

Landsat 8 memiliki tingkat keabuan (Digital Number [DN]) berkisar antara 0-4096. Tingkat keabuan tersebut jauh lebih besar daripada pada generasi Landsat sebelumnya yang berkisar antara 0-256. Kelebihan tersebut merupakan akibat dari peningkatan sensitivitas Landsat yang semula setiap piksel memiliki kuantifikasi 8-bit sekarang (pada Landsat 8) meningkat menjadi 12-bit. Peningkatan tersebut jelas akan lebih membedakan tampilan objek-objek di permukaan bumi sehingga tampilan lebih halus baik pada saluran pankromatik maupun multispektral serta dapat kelestarian manusia seperti makanan air dan hutan, memantau dampak-dampak serta perubahan lingkungan, dan lain sebagainya. 
Citra Landsat OLI/TIRS merupakan salah satu jenis citra satelit penginderaan jauh yang dihasilkan dari sistem penginderaan jauh pasif. Satelit landsat merupakan satelit dengan jenis orbit sunsynkron. Mengorbit bumi dengan hampir melewati kutub, memotong arah rotasi bumi dengan sudut inklinasi 98,2 derajat dan ketinggian orbitnya 705 km dari permukaan bumi. Luas liputan per scene 185 km x 185 km. Landsat mempunyai kemampuan untuk meliput daerah yang sama pada permukaan bumi pada setiap 16 hari, pada ketinggian orbit 705 km. Untuk Sensor TIRS yang dibuat oleh NASA Goddard Space Flight Center, akan terdapat dua band pada region thermal yang mempunyai resolusi spasial 100 meter.

Landsat 8 memiliki saluran-saluran dengan resolusi tingkat menengah. Resolusi tersebut setara dengan saluran-saluran pada Landsat 5 dan 7. Oleh karena itu, produk-produk citra yang dihasilkan oleh Landsat 5 dan 7 pada beberapa dekade masih relevan bagi studi data time series terhadap Landsat 8.  Kelebihan utama dari Landsat 8 adalah akses data yang terbuka bebas dan gratis. Resolusi 30 m dan kuantifikasi 12-bit pada Landsat 8 akan memberikan banyak keuntungan dan informasi penting bagi pengguna. Tambahan pula, produk citra Landsat 8 ini bersifat time series tanpa striping (kelemahan Landsat 7 setelah tahun 2003). Penggabungan citra Landsat 8 dengan memanfaatkan citra-citra sebelumnya akan menghadirkan informasi-informasi yang kompleks dan berharga.

Misi Landsat 8: Pemantauan permukaan bumi, memahami dan mengelola sumber daya yang dibutuhkan untuk memlihara kelestarian manusia seperti makanan air dan hutan, memantau dampak-dampak serta perubahan lingkungan, dan lain sebagainya.


Karakteristik data :
-          Format data GeoTIFF
-          Pengulangan sampling dengan Cubic Convolution (CC)
-          Orientasi North Up (MAP)
-          Memiliki proyeksi peta Universal Transverse Mercator (UTM) (proyeksi stereografi polar untuk citra  dengan pusat ketinggian lebih dari sama dengan – 63,0 o )
-          Memiliki 84 datum World Geodetic System (WGS)
-          Tingkat akurasi 12 m, 90% akurasi globalnya dapat mendukung OLI
-          Nilai pixelnya 16 bit
Pengambilan data melalui : Download HTTP
Data citra Landsat 8 disimpan pada instrumen dalam satelit yang dapat diunduh secara gratis dari GloVis, EarthExplorer, atau melalui LandsatLook Viewer dalam masa 24 jam. Cara mengunduh data citra Landsat 8 dari EarthExplorer adalah sebagai berikut :
1. Kunjungi web earthexplorer.usgs.gov dan login apabila telah memiliki akun, namun jika belum memiliki akun maka klik menu register terlebih dahulu 

2. Kemudian isilah kolom registrasi hingga selesai










 3. Klik menu login setelah registrasi dilakukan






4. Masukan nama daerah pada kolom di bagian bawah menu search criteria, kemudian klik show

5. Klik Adress yang muncul setelah klik show


6. Masukkan rentang waktu pencitraan yang akan ditampilkan pada bagian Data Range, lalu klik Data Sets

7. Klik tanda plus pada Landsat Archive, klik pre-collection dan pilih L8 OLI/TIRS

8. Klik Result, maka akan muncul  citra landsat 8 pada wilayah yang diinginkan berdasarkan waktu pencitraan

9. Untuk mengunduh citra, klik gambar berbentuk disk dengan panah warna hijau pada bagian bawah citra satelit yang akan diunduh

10. Akan muncul pilihan untuk mengunduh citra. Pilihan satu sampel tiga hanya untuk mengunduh image sedangkan pilihan keempat dan lima image sudah tergeoreferensi

11. Pilih level 1 GeoTIFF Data Product, dengan begitu kita akan mendapatkan citra yang terbagi menjadi 11 Band. Jika proses mengunduh selesai maka citra akan disimpan dalam format RAR. Untuk mengunduh jenis citra yang berbeda maka cukup mengganti jenis citra yang akan diunduh pada langkah terakhir.

Terdapat cara lain untuk menentukan lokasi Adress/Place, lalu masukan kode Path dan Row. Klik Show untuk menampilkan lokasi yang dipilih






Data citra Landsat dapat dengan mudah diunduh gratis di website USGS (www.usgs.gov). Tidak hanya citra Landsat 8 tetapi tersedia pula edisi Landsat sebelumnya yaitu Landsat 7 atau Landsat 5 serta tersedia berbagai citra atau data lain yang keseluruhannya dapat diunduh secara gratis. Pengaturan untuk data yang akan diunduh juga bisa dilakukan di website tersebut agar dapat memperoleh data sesuai yang diinginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar